Kamis, 27 Oktober 2016

Syukuran Rumah Baru, Apakah Harus?



Setiap keluarga tentunya ingin memiliki rumah impiannya. Rumah yang diperoleh dengan jutaan butir keringat yang mengalir di seluruh tubuh. Hasil jerih payah yang menghasilkan suatu manfaat.
Tentunya hal yang pertama kali kita lakukan saat memiliki rumah baru adalah bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas nikmat rumah baru tersebut, nikmat yang tidak semua orang bisa mendapatkannya.
Sebagai bentuk rasa syukur itu, kita dianjurkan untuk mengadakan walimah, mengundang orang lain untuk makan-makan. Walimah ini sering pula diistilahkan dengan Al-Wakirah.
Walimahan dalam rangka syukur, makan-makan semacam ini juga dapat dibuat untuk memupuk ukhuwah atau tali persaudaraan antartetangga dan sesama muslim, serta dapat berbagi kebahagiaan ketika itu.
Namun, perlu dipahami bahwa acara makan-makan ini bukanlah dimaksudkan untuk mendatangkan keselamatan bagi penghuni rumah atau bukan untuk mendatangkan keberkahan. Acara makan-makan ini dilakukan hanya sebagai tanda syukur atas adanya kediaman baru tersebut.
Syaikh Sholih Al Fauzan menjelaskan, tidak mengapa melakukan acara makan-makan ketika ingin memasuki rumah baru yaitu, dengan mengundang sahabat dan kerabat karena dalam rangka berbagi kebahagiaan. Namun, jika acara ini dilaksanakan dengan keyakinan dapat mengusir jin, maka ini yang tidak diperbolehkan. Ini adalah keyakinan syirik dan pemahaman yang rusak.
Jadi, sesungguhnya walimah bukan merupakan suatu hal yang wajib kita penuhi saat memiliki rumah baru namun dianjurkan untuk berbagi kebahagiaan dengan tetangga sekitar, dan juga untuk memupuk ukhuwah di lingkungan sekitar.
Hendaknya pemilik rumah baru bersyukur pada Tuhan atas kediaman baru yang ia peroleh. Jadikanlah rumah baru tersebut sebagai ladang kebaikan dan ibadah serta tempat berzikir pada Tuhan. Jangan jadikan tempat tersebut sebagai tempat kehancuran karena diisi dengan maksiat. Jangan lupa di waktu senggang perbanyaklah tilawah Al-Quran agar kediaman kita penuh berkah.
Jadi, jika Anda memiliki rumah baru tak diharuskan untuk mengadakan walimah namun dianjurkan. Tidak perlu memaksakan diri untuk berbagi kebahagiaan, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar