Kamis, 27 Oktober 2016

Lebih Baik Sakit Hati? Ah Masa!



“Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Memang benar anggapan tersebut. Sakit gigi rasanya sungguh menyiksa. Makan tak enak karena gigi sakit, tidur pun tak bisa karena rasa sakit yang ditimbulkan menjalar hingga ke kepala.
Salah satu yang menyebabkan sakit gigi adalah karies gigi. Apakah Anda tau apa itu karies gigi? Karies gigi atau yang lebih dikenal dengan gigi berlubang adalah salah satu penyakit dalam mulut yang banyak dialami masyarakat.
Karies gigi atau gigi berlubang ini, disebabkan oleh asam yang dihasilkan bakteri pada plak gigi. Bakteri tersebut menginfeksi gigi mulai dari bagian terluar gigi hingga masuk ke dalam pulpa atau lapisan terdalam gigi yang langsung berhubungan dengan saraf dan pembuluh darah.
Saat infeksi sudah menyentuh pulpa atau lapisan terdalam gigi, akan mengakibatkan sakit gigi yang intens, rasa nyeri yang tajam, nyeri yang menjalar hingga ke kepala, dan lebih parahnya lebih sakit daripada sakit hati.
Sakit gigi suka datang dengan tiba-tiba dan hilang tiba-tiba. Saya memiliki gigi berlubang dan jika Anda juga memiliki gigi berlubang, mungkin ini penyebab gigi Anda berlubang.

Cara Menyikat Gigi yang Salah
Banyak orang beranggapan bahwa menyikat gigi yang terpenting adalah bersih. Namun, ternyata menyikat gigi dengan cara yang salah justru membuat gigi Anda berlubang. Gerakan menyikat gigi ke atas dan ke bawah merupakan hal yang salah kaprah. Arie Hidayat mahasiswa Kedokteran Gigi Univeristas Hang Tuah, Surabaya, Jawa Timur menjelaskan, menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan memutar. Tujuannya untuk membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi dan gusi.

Frekuensi Sikat Gigi Jarang
Drg. Anita Gina mengatakan, angka minimal dalam menyikat gigi adalah dua kali sehari saat mandi. Namun, tak jarang dari kita malas untuk menyikat gigi pada malam hari. Jarang menyikat gigi pada malam hari, dapat mengakibatkan gigi mengalami kerusakan permanen dan menjadi rapuh. Untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri dalam gigi, mulailah rutin menyikat gigi pada malam hari. (Baca juga: 10 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami)

Makanan Manis
Suka makan makanan manis secara berlebihan dan frekuensi sikat gigi yang jarang merupakan perpaduan yang sangat pas untuk membuat gigi Anda berlubang. Jangan lupa sikat gigi setelah makan makanan manis karena zat gula yang masih tersisa di sela-sela gigi adalah salah satu penyebab gigi berlubang.
Wah, ternyata hal-hal kecil dari kebiasaan yang kita anggap sepele dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kita. Sebaiknya kita mulai memperhatikan kesehatan gigi kita jika tak ingin menyesal kelak.

Anda tentu tak ingin lubang pada gigi Anda semakin banyak, bukan?

2 komentar: